kab.takalar

Penghasil Melon terbesar di Sulawesi Selatan

desa banggae
desa Banggae kabupaten  Takalar

Profil Desa Banggai :

Desa Bangae merupakan salah satu desa dari 12 desa di kecamaan Mangarabombang, terdiri dari 4 dusun yaitu dusun Jarannika, Banggae, Garassi dan Bolo.

Desa Banggae termasuk dataran yang dikelilingi oleh hamparan sawah dan Perkebunan dengan ketinggian rata-rata 50 meter dari permukaan laut serta sungai. Adapun Luas wilayah Desa Banggae sekitar 374 Km2. Pada umumnya masyarakat bermata pencaharian sebagai Petani dengan luas daerah Persawahan + 199,97 Ha, sebahagian besar penduduknya masih merupakan kelas ekonomi menengah kebawah, penghasilan utama masyarakat Desa Banggae yakni pertanian, dan perikanan. Lahan persawahan, perkebunan, dan tambak mendominasi area Desa Banggae setelah pemukiman, perkantoran dan sarana-sarana umum.

Batas-batas wilayah :

Sebelah Utara      :  Kelurahan Pallantikang Kecamatan Pattalassang

Sebelah Timur     :  Kelurahan Mangadu

Sebelah Selatan :  Desa Topejawa

Sebelah Barat      :  Kelurahan Takalar Kecamatan Mappakasunggu

Desa Banggae lahir dari pemekaran desa Topejawa pada tahun 1993 dan dijabat sementara oleh staf kecamatan bernama Basma Dg. Sila. Pada tahun 1994-1999 Banggae menjadi Desa Definitif  setelah diadakan pemilihan kepala desa langsung terpilih Sulaeman Rate. Pada pemilihan desa periode kedua pada tahun 1999- 2004 terpilih kembali Sulaeman Rate sebagai kepala desa. pada pilkades tahun 2004-2009 terpilih Sudirman Sibali sebagai kepala desa.

Pada tahun 2009 – 2015 desa Banggae masih dipimpin oleh Sudirman Sibali sebagai kepala desa pada periode kedua. Sudirman Sibali adalah saudara kandung dengan Sulaeman Rate yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD kabupaten Takalar.

Selanjutnya tahun 2017 hingga sekarang Desa Banggae di Pimpin Oleh Muh. Saleh Tata yang terpilih dalam pemilihan kepala desa kemarin. Beliau adalah seorang Petani yang ikut dalam konteks pemilihan Kepala Desa melawan 3 Kandidat lain yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda.

Desa Banggae adalah salah satu penghasil melon, semangka dan bawang merah terbesar di kecamatan Mangarabombang. Desa Banggae juga pernah mendapat peringkat desa siaga terbaik dan mewakili Kecamatan Mangarabombang ditingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat pusat.

Desa ini penghasilan melon terbesar di sulawesi selatan

 

sumber dari  : http://takalarbanggae.desa.kemendesa.go.id/index.php/pages/detail/55-profil-desa

Post Author: her63

blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *